Eman Bria dan RTS Dorong SDM Unggul dan Bermartabat di Malaka

Eman Bria dan RTS Dorong SDM Unggul dan Bermartabat di Malaka
Emanuel Bria dan Roy Tei Seran atau Paket EB-RTS sebagai kandidat Bupati Malaka 2020. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Paket EB-RTS atau Emanuel Bria dan Roy Tei Seran mendorong apa yang disebut “Malaka Bangkit” sebagai visi besarnya dalam perhelatan Pilkada Malaka tahun 2020. EB-RTS juga mengharapkan ‘Malaka Bangkit’ menjadi visi besar bersama semua masyarakat Malaka.

“Kami ingin melihat sebuah Kabupaten Malaka yang Bangkit, Bermartabat dan Sejahtera,” ungkap Eman Bria kepada wartawawan, Sabtu (9/5/2020).

Menurutnya, kita tidak bisa bangkit jika kita tidak memiliki SDM yang unggul dan bermartabat. SDM yang dimaksudkan di sini ialah soal pendidikan dan kesehatan.

Pendidikan yang dimaksud ialah pendidikan formal dan nonformal seperti pelatihan-pelatihan, peningkatan skill dan keterampilan-keterampilan yang relevan dengan dunia kerja sekarang.

Lalu soal kesehatan, EB-RTS memastikan akan terus mendorong inisiatif-inisiatif baik pendidikan yang ada sekarang, dan kedepannya EB-RTS akan fokus pada aspek-aspek pencegahan berkaitan dengan kesehatan masyarakat (public health).

Eman Bria menarik sebuah pengalaman konkret dan kisah pengalaman konkret teman-teman dokternya di Cuba yang bergeliat dalam pelayanan akses kesehatan masyarakat di negara tersebut.

“Dulu saya memiliki teman-teman dokter di Cuba yang cukup memberikan inspirasi terkait pembangunan kesehatan masyarakat (puclic health). Cuba itu sebuah negara kecil di Amerika Latin tetapi memiliki human development index (indeks pembangunan manusia) yang cukup tinggi,” kata Eman Bria.

Menurutnya, grafik pendidikan dan kesehatan di Cuba sangat tinggi. Di bidang kesehatan mereka lebih fokus pada aspek pencegahan.

Seorang Pemimpin Daerah atau Kepala Daerah itu harus memastikan bahwa sistem yang dibangun itu sebisa mungkin mencegah korupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News