Empat BUMN Kaji Pengembangan Mobil Nasional

Empat BUMN Kaji Pengembangan Mobil Nasional
Empat BUMN Kaji Pengembangan Mobil Nasional
JAKARTA--Kementerian BUMN tengah mengkaji kemungkinan pengembangan mobil nasional (mobnas) oleh perusahaan negara. Empat perusahaan pelat merah, yakni PT Inka, PT Bosma Bisma Indra (BBI), PT Barata Indonesia, dan PT Dirgantara Indonesia akan meriset kemungkinan pengembangan mobnas.

Dari ketiga BUMN itu, PT Inka memang telah memiliki prototipe mobil dengan nama GEA. "Saya hari Jumat (13/1) akan datang ke PT Inka. Nanti saya mau lihat, katanya sudah ada prototipenya, hampir selesai," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, kemarin (10/1).

Dahlan mengatakan pengembangan mobil nasional tidak bisa dilakukan dengan emosional. "Kan harus dihitung juga nilai bisnisnya," katanya.

Dia lantas mencontohkan, Malaysia saat ini memiliki mobnas bermerek Proton. Namun, belum tentu bisnis Proton menguntungkan dan tidak menguras uang negara melalui subsidi. Sehingga, menurut Dahlan, pertimbangan utamanya adalah sisi komersial. "Segera dihitung apakah secara komersial dan secara bisnis ini bisa masuk hitungan atau tidak. Begitu bisa masuk hitungan, harus ada yang berani di depan, BUMN harus berani," kata Dahlan.

JAKARTA--Kementerian BUMN tengah mengkaji kemungkinan pengembangan mobil nasional (mobnas) oleh perusahaan negara. Empat perusahaan pelat merah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News