Empat Desa di Aceh Terancam Banjir Bandang

Empat Desa di Aceh Terancam Banjir Bandang
Empat Desa di Aceh Terancam Banjir Bandang
GAYO--Sungai Ai Sekat yang berada di Desa Tetinggi Kecamatan Blangpegayon,tersumbat oleh ribuan kubik kayu. Sumbatan terjadi pada dua titik dengan ketinggian tumpukan hingga 4 meter menutupi badan jembatan. Akibatnya, 4 desa terancam banjir bandang.

Menurut Alimuddin Sekdes Desa Tetinggi kepada koran ini, Sabtu (15/12),  tumpukan kayu pada dua titik terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Gayo Lues akhir-akhir ini. Akibatnya, pegunung Sekat mengalami longsor dan membawa ribuan kubik material pasir serta batang kayu.

"Sementara Kayu tidak hanyut sampai ke hilir tetapi sangkut pada jembatan di Desa Tetinggi dan  di atas Imtek milik PDAM tirta Sejuk. Akibatnya, sudah 5 hari distribusi air wilayah perkantoran Blower dan sebagian kota tidak masuk,"ungkapnya.

Menurutnya, bila tidak segera dibersihkan maka akan terjadi bendungan yang menyumbat sungai Ai Sekat yang berpotensi banjir bandang dan  mengancam pedesaan dan lahan pertanian."Sedangkan sekarang saja, jembatan sudah hancur dihantam ribuan kayu. Akibatnya, empat desa warga desa Tetinggi, Bener, Kong Palu dan Kong bor tidak bisa ke kebun,"paparnya.

GAYO--Sungai Ai Sekat yang berada di Desa Tetinggi Kecamatan Blangpegayon,tersumbat oleh ribuan kubik kayu. Sumbatan terjadi pada dua titik dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News