Empat Faktor Pendongkrak Suara PKB

Empat Faktor Pendongkrak Suara PKB
Empat Faktor Pendongkrak Suara PKB

jpnn.com - JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi salah satu kejutan terbesar dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, perolehan suara partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu melonjak drastis.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Helmy Faishal Zaini mengatakan, setidaknya ada empat faktor yang menyebabkan lonjakan suara tersebut.

Pertama adalah kehadiran kehadiran Raja Dangdut Rhoma Irama sebagai juru kampanye. Menurutnya, Rhoma berjasa besar memperluas basis massa PKB.

"Rhoma efek saya kira bisa kita jadikan dasar. Selama ini sosialisasi yang didatangi Rhoma itu memang dihadiri 10-20 ribu orang. Dan beberapa titik bukan basis PKB. Rhoma efek jelas terlihat di Aceh, sebagian Jabar," kata Helmy dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (12/4).

Yang kedua, lanjutnya, adalah faktor kepemimpinan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Helmy mengatakan, keputusan Muhaimin untuk mendorong tokoh-tokoh muda sebagai caleg telah meremajakan wajah PKB.

Faktor ketiga, lanjutnya, adalah suara kaum Nahdiyin yang kembali solid. Helmy mengklaim, setelah sempat pecah pada pemilu-pemilu sebelumnya, tahun ini kaum Nahdiyin kembali solid mendukung PKB seperti ketika masa kepemimpinan Abdurrahman wahid.

"Terakhir pastinya kerja keras para caleg. Terlihat, dari verifikasi Bawaslu, PKB di urutan paling bawah jumlah pelanggarannya. Terbukti kita kedepankan pemilu jurdil dan luber," papar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini. (dil/jpnn)

 


JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi salah satu kejutan terbesar dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Berdasarkan hasil hitung cepat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News