Empat Pilar Mendarah Daging pada Diri Taufik Kiemas

Empat Pilar Mendarah Daging pada Diri Taufik Kiemas
Empat Pilar Mendarah Daging pada Diri Taufik Kiemas
JAKARTA - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR, Yasonna H Laoly tampaknya berusaha habis-habisan memuji Taufik Kiemas. Tidak tanggung-tanggung, Yassonna menyimpulkan bahwa Empat Pilar Kehidupan Bangsa dan Bernegara berupa Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI sudah mendarah daging dalam diri suami Megawati Soekarnoputri itu. Kesimpulan ini diambil Yasonna H Laoly setelah menyimak kesaksian 49 orang yang memberikan pendapatnya dalam buku Empat Pilar Kehidupan Bangsa dan Bernegara: Visi Kebangsaan dan Pluralisme Taufik Kiemas.

"Karena itu tidak berlebihan jika saya mengatakan Bapak Taufik Kiemas sebagai negarawan,  Pancasilais dan nasionalis parexcellence serta a living testimony dalam mempraktekan nilai-nilai empat pilar kebangsaan," kata Yasonna saat diskusi buku Empat Pilar Kehidupan Bangsa dan Bernegara : Visi Kebangsaan dan Pluralisme Taufik Kiemas", di Jakarta, Rabu (22/2).

Buku tersebut memuat bunga rampai kesaksian 49 orang dari lintas generasi yang terdiri dari tokoh politik, pimpinan lembaga negara, tokoh agama dan masyarakat serta para sahabat, tentang visi kebangsaan dan pluralisme Taufiq Kiemas.

Yassona  mengatakan, dari kesaksian-kesaksian tersebut, dapat dilihat dengan jelas benang merah yang menegaskan peran sentral dan ketokohan Taufik Kiemas sebagai jembatan yang menghubungkan gagasan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (empat pilar kebangsaan) dalam membangun Indonesia seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

JAKARTA - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR, Yasonna H Laoly tampaknya berusaha habis-habisan memuji Taufik Kiemas. Tidak tanggung-tanggung, Yassonna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News