Eric Adams

Oleh: Dahlan Iskan

Eric Adams
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Baru kali ini New York punya wali kota yang beda. Eric Adams ke kantor naik kendaraan pribadi: sepeda. Atau naik kendaraan umum: kereta bawah tanah.

"Kalau wali kotanya sudah bersepeda berarti New York akan jadi kota sepeda," katanya seperti disiarkan media di sana.

New York adalah kota yang simpang empatnya begitu banyak –hampir semuanya pakai lampu bang-jo. Mobil harus sering berhenti –meski hebatnya sangat jarang terlihat ada kemacetan. Lalu lintas di New York padat, tetapi bisa terus merambat.

Di kota itu yang bisa berlari kencang hanyalah ambulans. Satu lagi: mobil pemadam kebakaran. Begitu sering kendaraan merah itu lewat di jalan New York. Suara ngoweng-ngoweng begitu sering terdengar di sana. Mungkin baru tahun 2020 bisa dikalahkan oleh banyaknya suara ambulans Covid-19.

Adams pilih naik sepeda. Dengan pakaian jas lengkapnya.

Di New York memang tersedia sepeda umum: USD 9/jam. Citi Bike, yang dulu hampir bangkrut. Lalu didorong lagi agar jumlahnya mencapai 12.000 di seluruh wilayah New York.

Wali kota yang lama juga membangun jalur sepeda. Hanya sekitar 30 km. Selama satu periode. Adams akan membangun sekitar 500 km di masa kepemimpinan pertamanya. Sepeda baginya adalah obat.

Eric Adams pernah sakit parah: diabetes tipe dua. Ia harus suntik insulin seumur hidup. Ia menolak itu. Ia pilih mengubah total gaya hidupnya. Terutama gaya makannya.

Eric Adams pilih naik sepeda. Dengan pakaian jas lengkapnya. Adams pernah sakit parah: diabetes tipe dua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News