Erick Thohir Lebih Berpotensi Sebagai Cawapres Ketimbang Ridwan Kamil dan Mahfud MD

Erick Thohir Lebih Berpotensi Sebagai Cawapres Ketimbang Ridwan Kamil dan Mahfud MD
Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti senior Political Statistics Apna Permana menilai Menteri BUMN Erick Thohir potensial untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan potensi menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo ini mengungguli kandidat lainnya dalam bursa cawapres.

Erick Thohir dinilai unggul secara kualitas dari tokoh politik lama seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menkopolhukam Mahfud MD.

"Erick Thohir memiliki dua hal yang tidak dimiliki oleh Ridwan Kamil dan Mahfud MD, yakni disukai generasi muda dan datang dari kalangan NU," ujar Apna kepada wartawan, Kamis (15/6).

Dia menjelaskan jika dibandingkan dengan Ridwan Kamil, keduanya mampu menarik pemilih dari generasi muda. Namun, Ridwan tidak memiliki hubungan yang kental dengan NU.

Sedangkan Erick Thohir memiliki hubungan yang dekat bersama PBNU ataupun warga NU (Nahdiyin). Ketum PSSI tersebut adalah Anggota Kehormatan Banser dan Ketua Steering Committee (SC) Panitia Harlah ke-100 NU.

Tokoh struktural NU seperti Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Ketum GP Ansor Yahya Cholil Qoumas telah menyatakan dukungan kepada Erick Thohir agar maju di Pilpres 2024 mendatang sebagai cawapres.

Dukungan ini disuarakan karena Erick memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk membawa Indonesia jadi lebih maju dari saat ini.

Pengamat politik Apna Permana menilai Erick Thohir lebih berpotensi menjadi cawapres ketimbang Ridwan Kamil dan Mafud MD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News