Erick Thohir & PSSI

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Erick Thohir & PSSI
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang juga kandidat ketua umum PSSI. Ilustrasi. Foto: Dok. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Sepak bola dan politik tidak bisa dipisahkan. Mau bukti lagi?

Menteri BUMN Erick Thohir sudah mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI.

Politikus Golkar yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendaftar sebagai wakil ketua umum PSSI.

Baca Juga:

Dengan adanya dua menteri yang akan masuk ke federasi sepak bola nasional itu, sudah bisa disimpulkan bahwa terdapat skenario level tinggi pada manuver tersebut.

Semua sudah pada mafhum bahwa Etho -panggilan akrab Erick Thohir- mempunyai hubungan superspecial dengan Presiden Joko Widodo. Tidak mungkin Etho bergerak masuk ke PSSI tanpa restu ataupun perintah Jokowi.

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI akan diselenggarakan pada 16 Februari mendatang. Kongres itu diselenggarakan untuk memilih ketua baru PSSI dan kabinetnya.

Kepengurusan baru PSSI itu untuk menggantikan kabinet lama di bawah kepemimpinan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang dipaksa membubarkan diri pascatragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022.

Iwan Bule dan jajaran Exco PSSI dianggap bertanggung jawab terhadap peristiwa yang menewaskan 135 suporter Arema itu setelah Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan membeberkan temuannya.

Langkah Etho menuju PSSI 1 sulit terbendung. Kalau Istana sudah ikut campur, semua akan tergusur. Tantangan bagi Etho ialah membentuk kabinet PSSI yang kredibe.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News