Evakuasi

Evakuasi
Pak Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Kondisi pandemi di Indonesia yang makin memburuk membuat beberapa negara di dunia menempatkan Indonesia dalam daftar cekal.

Jepang memutuskan untuk mengevakuasi warganya dari Indonesia untuk alasan keselamatan.

Ada lebih dari 50 negara yang mencekal warga negara Indonesia masuk ke wilayahnya. Ini adalah prosedur standar untuk mencegah penularan virus yang makin mengganas. Bukan hanya Indonesia, banyak warga negara lain yang juga dicegah tangkal masuk ke berbagai negara.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa virus varian Delta menyusup dengan cepat melalui jalur penerbangan internasional.

Sebuah pesawat carter dari India yang masuk ke Indonesia, Mei lalu, dicurigai sebagai salah satu sebab bobolnya Indonesia oleh varian virus Delta, yang kali pertama diketahui muncul di India.

Kebobolan dan kecerobohan semacam ini diantisipasi oleh semua negara. Indonesia sekarang masuk dalam jajaran negara dengan tingkat penularan paling tinggi di dunia dengan angka penularan hampir tembus 50 ribu kasus per hari.

Karena alasan itu pemerintah Jepang memutuskan mengevakuasi warganya dari Indonesia.

Keputusan seperti ini merupakan standar dalam hubungan internasional. Ketika kondisi sebuah negara dianggap tidak aman dan membahayakan keselamatan maka prosedur evakuasi akan diambil. Sebaliknya, sebuah negara juga mengingatkan warganya untuk tidak mengunjungi sebuah negara yang berbahaya.

Jepang memutuskan untuk mengevakuasi warganya dari Indonesia untuk alasan keselamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News