Fadli Zon: Setop Impor Cangkul!

Fadli Zon: Setop Impor Cangkul!
Fadli Zon. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah menghentikan kebijakan impor cangkul dari Tiongkok, yang sudah mulai disalurkan ke berbagai daerah.

Hal ini disampaikan Fadli, menyikapi kabar bahwa pemerintah melalui PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPi), mengimpor cangkul dari negeri tirai bambu.

"Ini menurut saya kebijakan yang harus dihentikan, karena impor cangkul menodai perasaan kita, masa cangkul aja kita harus impor," kata Fadli di kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (2/11).

Padahal, lanjut Wakil Ketua Umum Gerindra itu, bangsa ini masih membutuhkan lahan pekerjaan. Maka, memproduksi cangkul di dalam negeri menurutnya bisa menjadi solusi menciptakan lapangan pekerjaan untuk rakyat.

"Industri membuat cangkul itu sederhana dan seharusnya diproduksi dalam negeri saja. Jangan hanya mencari keuntungan, karena di China lebih murah, lebih cepat, mungkin ya," katanya.

Bila cara berfikir seperti itu yang digunakan pemerintah, Fadli menilai itu berbahaya. Sebab, lama-lama semua kebutuhan masyarakat dipenuhi dengan cara impor. Padahal, beras sebagai kebutuhan pokok juga masih impor.

"Jadi harus dihentikanlah impor cangkul itu. Kemenperin saya dengar sudah mulai merespon. Industri dalam negeri harus digerakkan. Apa susahnya bikin cangul. Sudah dari zaman nenek moyang bisa kita bikin," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta pemerintah menghentikan kebijakan impor cangkul dari Tiongkok, yang sudah mulai disalurkan ke berbagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News