Faisal Basri: BukuWarung Berkontribusi Positif Terhadap UMKM, Pendapatan Naik Drastis!

Faisal Basri: BukuWarung Berkontribusi Positif Terhadap UMKM, Pendapatan Naik Drastis!
Ekonom Universitas Indonesia, Faisal Basri dalam sesi temu media secara daring yang diadakan oleh BukuWarung pada Kamis (18/11/2021).Foto: Wenti Ayu Apsari/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri memberikan apresiasi kepada BukuWarung karena berkontribusi positif terhadap para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan Studi laporan penelitian mengenai “Dampak Aktivitas Ekonomi Aplikasi BukuWarung terhadap Perekonomian Nasional dan UMKM” memperlihatkan adanya perubahan yang signifikan.

Pendapatan pelaku usaha secara total mengalami kenaikan sejumlah Rp10,97 triliun dan mendorong penyerapan tenaga kerja sebanyak 368 ribu jiwa.

Faisal mengungkapkan, BukaWarung telah memberikan dampak positif yang hampir dirasakan oleh seluruh lini bisnis di sektor pertanian, pekebunan, dan jasa konsultasi komputer dan teknologi informasi.

Menurut Faisal, untuk memberikan kontribusi positif terhadap UMKM sektor pertanian tidaklah mudah.

"Di sektor tersebut memiliki permasalahan rumit seperti proses digitalisasi dan akses terhadap teknologi juga rendah," ujar Faisal dalam sesi temu media secara daring yang diadakan oleh BukuWarung pada Kamis (18/11).

Meskipun begitu Fasial berharap agar BukuWarung mampu berkontribusi positif terhadap industri UMKM manufaktur. Fasial menambahkan, sektor manufaktur lebih dinamis untuk mengangkat perekonomian Indonesia.

“Karena setidaknya ada 4,4 juta industri (manufaktur) mikro dan kecil,” kata Faisal.

Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri memberi apresiasi kepada BukuWarung karena berkontribusi positif terhadap para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News