JPNN.com

Faktor di Balik Mesin Honda Genio Bisa Konsumsi 59 Km/L dan Bertenaga

Minggu, 23 Juni 2019 – 14:22 WIB Faktor di Balik Mesin Honda Genio Bisa Konsumsi 59 Km/L dan Bertenaga - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berbekal mesin dengan sejumlah pembaruan signifikan dari model lama, PT Astra Honda Motor (AHM) mengklaim Honda Genio mampu menawarkan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit di kelas skutik 110 cc.

Asistant Chief Enginner Departement 2, Product Development Division Honda R&D Co Ltd, Makoto Dohi mengatakan, dibanding dengan skutik 110 cc yang di jual sekaran, Honda Genio lebih irit dalam hal konsumsi BBM.

BACA JUGA: Meskipun Harga Lebih Murah, Honda Genio Tidak Akan Ambil Pasar Scoopy

"Genio memiliki mesin baru yang dapat menempuh jarak hampir 60 km dengan satu liter bensin," kata Makoto di Jakarta.

Makoto menambahkan, keunggulan Honda Genio tersebut tidak lepas dari pembaruan di mesin dengan melakukan perbaikan kompresi, di mana Honda memfokuskan pada high compression. Dengan angka rasio 10,0:1.

"Rasio kompresinya adalah 10,0. Sehingga dibandingkan skutik yang ada saat ini peningkatan antarkompresinya jauh berbeda. Hasilnya, keiritan bahan bakar dan juga ikut meningkat. Kendati rasio kompresi tinggi, jangan khawatir mesin pada Honda Genio tidak akan timbul getaran sama sekali," tegas dia.

Selain itu, lanjut Makoto, mesin baru Honda Genio juga menawarkan tenaga mesin yang baik untuk sebuah skutik perkotaan. Penyesuaian ukuran piston dan langkah (stroke) dari mesin terdahulu.

Jika sebelumnya berukuran 50 mm x 55,1 mm (diameter X langkah), sekarang menjadi 47 mm (diameter piston) x 63,1 mm (langkah piston). Perubahan ini membuat akselerasi Honda Genio diklaim lebih nendang dan punya konsumsi lebih irit dibandingkan Beat dan Scoopy.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...