Fan Festival Elkah Paling Rawan

Suasana Lengang, Pengeledahan Setengah Hati

Fan Festival Elkah Paling Rawan
SEPI - Suasana di Fan Festival di Elkah Stadium, arena nonton Bareng paling rawan di Soweto, Johannesburg. Foto: Kurniawan Muhammad/Jawa Pos.
Dari sekian banyak lokasi FIFA Fan Festival, mungkin hanya di Elkah Stadium, Soweto, yang paling sepi dengan penonton. Konon, karena di sana termasuk kawasan paling rawan terjadi tindak kejahatan.

Laporan KURNIAWAN MUHAMMAD, Soweto

JARAK Elkah Stadium yang berada di Gumede Street, Moroka, Soweto, dengan Stadion Soccer City Johannesburg sekitar 13 kilometer. Suasana kawasan Soweto memang beda. Hampir setiap mata memandang selalu bertemu warga lokal kulit hitam.

Beberapa sudut kota juga agak kumuh. Mayoritas penghuni Soweto memang kulit hitam. Dari daerah inilah Nelson Mandela - pejuang antiapartheid yang juga mantan Presiden Afrika Selatan - berasal.

Dari catatan di Johannesburg Metro Police Department, kawasan tersebut termasuk daerah paling rawan. Tindak kejahatan sering terjadi. "Karena senjata bebas dimiliki. Jika orang sedang kesal, kalau mau nembak, ya nembak," kata Bongi, warga lokal kulit hitam yang mengantar Jawa Pos keliling Senin sore lalu waktu Soweto.

Bongi sempat kaget ketika diminta mengantar ke arena FIFA Fan Festival (Fan Fest) di Elka Stadium. "Kamu yakin akan ke sana?" tanya dia. Meski termasuk daerah rawan, bukankah setiap arena nonton bareng (nobar) yang diselenggarakan FIFA dijaga banyak polisi dan petugas pengamanan? Bukankah setiap pengunjung yang masuk selalu digeledah satu per satu? Bongi menggeleng. "Oke, kalau begitu kita lihat saja. Kita akan ke sana," kata pria 23 tahun bertubuh atletis itu.

Dari sekian banyak lokasi FIFA Fan Festival, mungkin hanya di Elkah Stadium, Soweto, yang paling sepi dengan penonton. Konon, karena di sana termasuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News