Festival Layang Dangung Meriahkan Kirab Pemuda di Pariaman

Festival Layang Dangung Meriahkan Kirab Pemuda di Pariaman
Festival Layang Dangung. Foto: istimewa kemenpora

jpnn.com, PADANG PARIAMAN - Kegiatan Kirab Pemuda 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, beda dari biasanya.

Panitia Kirab menggelar Festival Layang Dangung untuk membangkitkan kekompakan dan kebersamaan antar pemuda di daerah itu.? Kegiatan Kirab Pemuda di Padang Pariaman dipusatkan di Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman.

"Tidak hanya Festival Layangan, Kirab Pemuda di Padang Pariaman juga dilaksanakan Bhakti Sosial seperi Donor Darah, Go Green (aksi penghijauan), cek kesehatan gratis, renovasi rumah ibadah, pustaka pemuda dan kemudian ditutup dengan Festival Layang Dangung ini," sebut Candra Kirana, Sekretaris Kirab Pemuda Wilayah Sumbar.?

Candra melanjutkan, Kirab Pemuda di Sumbar ini merupakan progran dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora RI) yang dilaksanakan di Bukittinggi, Pasaman, Padang Panjang, Padang Pariaman, Kota Padang yang sudah dimulai semenjak 12 September kemarin.?

"Kirab saat ini di pusatkan di Kabupaten Pasaman yang akan mengutus dua orang pemuda dari masing-masing Provinsi dan akan berlanjut nantinya ke kabupaten Kampar Riau. Dan di Sumatera dibagi menjadi dua Zona, kemudian nantinya mereka akan berkumpul di Jakarta pada 17 September mendatang," ungkap Candra.?

Sementara itu, Walinagari Tapakis, Soni Aprison mengungkapkan dalam Kirab Pemuda kali ini, membawa Festival Layang Dangung merupakan hal yang tepat sekali, karena dalam pertandingan Layang Dangung ini terciptanya kebersamaan dan kekompakan antar mereka.?

"Layang Dangung ini kalau menaikannya butuh tim dan kekompakan, tidak bisa satu orang butuh kebersamaan, dalam satu tim biasanya ada lima hingga enam orang," ungkapnya.?

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk peserta layang Dangung ini ada sekitar 36 peserta dari setiap utusan kampung yang ada di nagari Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis.

Kegiatan Kirab Pemuda 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat cukup beda dari biasanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News