Fokus 2 Sistem, Cegah Tragedi 9/11 Terulang

Survei: Ketakutan atas Teror di AS Berkurang

Fokus 2 Sistem, Cegah Tragedi 9/11 Terulang
Fokus 2 Sistem, Cegah Tragedi 9/11 Terulang
WASHINGTON – Meski sudah berlalu satu dasawarsa, tragedi 9 September 2001 atau 9/11 tak mudah dilupakan warga AS. Terutama, penduduk New York dan Washington D.C., dua kota yang menjadi sasaran utama serangan teror kelompok militan Al-Qaeda tersebut. Meski begitu, seiring dengan berjalannya waktu, warga mulai berangsur pulih dari trauma atas tragedi teror terburuk di negeri adidaya itu.

’’Di seluruh penjuru negeri, ketakutan bahwa serangan teror seperti 9/11 akan kembali terjadi saat ini sudah jauh berkurang,’’ ungkap Maurice Carroll, direktur Lembaga Polling Quinnipiac University, kemarin (8/9).

Survei yang dia lakukan di Kota New York dan beberapa kota besar lain di AS menunjukkan bahwa hanya sekitar 58 persen responden yang menyatakan masih khawatir tentang kemungkinan bakal terjadi lagi serangan mirip 9/11. Dalam survei sama pada 2006, jumlah warga yang yakin bahwa mereka masih menjadi target utama teroris tercatat 62 persen.

Temuan Quinnipiac University tersebut terungkap tiga hari menjelang peringatan ke-10 tragedi 9/11 Minggu lusa (11/9). Tentu masih ada sebagian responden yang bersikap pesimistis. Pasalnya, teror tersebut merupakan serangan berskala besar dengan menggunakan pesawat terbang. Itu sebabnya 36 persen responden menyatakan sangat yakin bahwa teror tersebut akan terulang di Negeri Paman Sam.

WASHINGTON – Meski sudah berlalu satu dasawarsa, tragedi 9 September 2001 atau 9/11 tak mudah dilupakan warga AS. Terutama, penduduk New York

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News