Fokus Ciptakan Sekolah Unggul dan Berkualitas

Fokus Ciptakan Sekolah Unggul dan Berkualitas
Bu Guru bersama para siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara terus berupaya membenahi sektor pendidikan.

Tidak hanya terfokus pada bangunan fisik sekolah, pemprov juga mulai memberikan prioritas menciptakan sekolah yang unggul dan berkualitas.

Hal ini yang menjadi fokus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara saat ini.

“Kita saat ini berkonsentrasi menyusun sekolah unggul, rujukan dan sekolah binaan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara Sigit Muryono, seperti diberitakan Berau Post (Jawa Pos Group).

Menurutnya, sekolah unggul dan berkualitas tidak hanya dilihat dari megah atau besarnya bangunan. Tetapi, harus dilihat dari beberapa aspek standar nasional pendidikan.

Menurut Sigit, ada 8 aspek standar nasional pendidikan yang harus dipenuhi untuk menciptakan sekolah unggul dan berkualitas.

Di antaranya standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengolahan, standar pembiayaan atau keuangan dan standar penilaian atau evaluasi.

“Majunya pendidikan tidak diukur dari bangunan sekolahnya. Bangunan fisik itu hanya salah satu dari aspek itu. Namanya standar sarana dan prasarana. Jadi sekolah unggul itu ditentukan aspek standar nasional pendidikan. Itu yang sedang kami ciptakan,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara terus berupaya membenahi sektor pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News