Fokus Jadi Perajin Enceng Gondok, Siti Nor Meraup Laba Puluhan Juta Rupiah

Fokus Jadi Perajin Enceng Gondok, Siti Nor Meraup Laba Puluhan Juta Rupiah
Siti Nor Sehat (32) kini mampu menuai hasil dari usahanya kerajinan anyaman enceng gondok. Foto: Antara

jpnn.com, HULU SUNGAI TENGAH - Siti Nor Sehat (32) kini mampu menuai hasil dari usahanya kerajinan anyaman enceng gondok.

Warga Desa Pantai Hambawang Barat Kecamatan Labuan amas Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan itu mampu meraup laba puluhan juta rupiah.

"Saya memulai usaha ini sejak tahun 2016, namun mulai fokus menekuni sejak Tahun 2019, karena saat itu masih sebagai guru honorer," ucap Nor Sehat di Pantai Hambawang, Minggu.

Pada 2019 tersebut, Nor memilih berhenti sebagai guru honorer dan fokus belajar serta mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan anyaman dari bahan enceng gondok.

Tak disangka, olahan dari kerajinan tangannya tersebut diminati banyak pihak dan mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta per bulannya.

Dia tak menampik usahanya sempat pasang surut apalagi saat awal Pandemi COVID-19.

"Saya tidak menyerah dan terus belajar kreasi kerajinan, metode pemasaran dan hingga membangun jaringan dan akhirnya bisa sampai seperti ini," ujarnya.

"Memang tiap bulannya tidak menentu, namun rata-rata sekitar Rp 6 juta per bulan dan kalau lagi banyak-banyaknya orderan bisa mencapai Rp 20 juta per bulan," kata Ketua Gerakan Kewisausahaan Nasional HST tersebut.

Siti Nor Sehat (32) kini mampu menuai hasil dari usahanya kerajinan anyaman enceng gondok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News