Fokus Pulangkan WNI yang Tertembak

Fokus Pulangkan WNI yang Tertembak
Fokus Pulangkan WNI yang Tertembak
JAKARTA -- Proses pemulangan dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertembak dalam penyerbuan kapal kemanusiaan Mavi Marmara dipercepat. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman, Jordania mengambil keputusan itu berdasar masukan 10 rekan sesama tim relawan RI dalam Kapal Mavi Marmara yang masih sehat. Dua korban luka tembak yakni Surya Fahrizal (wartawan Hidayatullah.com) dan Okvianto Emil Baharudin (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina, Kispa) akan menjadi prioritas pemulangan pada Senin besok.

"Secepatnya, paling tidak awal pekan ini (senin, Red) sudah bisa dipulangkan," kata Duta Besar RI untuk Jordania, Zainulbahar Noor ketika dihubungi kemarin (5/6) siang. Zainulbahar mengatakan, sebelum memroses pemulangan, KBRI akan lebih dulu memulangkan Surya dari wilayah Israel ke Jordania. Pemulangan Surya yang dilangsungkan tadi malam WIB akan dilakukan dengan seremonial. "Hari ini (kemarin, Red) kami menyiapkan seremonial penjemputan di perbatasan Israel-Jordania di Jembatan Hussein. Rencananya akan ada ekspose agar bisa memberikan efek jera kepada Israel," kata dia.   

Surya adalah wartawan Hidayatullah.com yang mengalami luka tembak di dada kanan dan telah menjalani operasi di RS Ramban Hospital, Haifa, Israel. Kondisi Surya mulai membaik setelah operasi pengangkatan pecahan peluru yang menembus sejumlah organ dalamnya. Surya rencananya akan dipulangkan dengan ambulans melalui perbatasan Jordania-Israel di Jembatan Hussein.

Zainulbahar mengatakan, mengingat ekskalasi kejadian yang memancing perhatian dunia internasional ini pihaknya telah mendirikan crisis center yang terletak di kantor KBRI Jordania. Diharapkan dengan sarana dan alat yang tersedia, berbagai informasi dapat selalu disuplai ke Indonesia. "Kami akan selalu intens berkomunikasi baik untuk memantau relawan yang di Jordania maupun Turki," kata dia.

JAKARTA -- Proses pemulangan dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertembak dalam penyerbuan kapal kemanusiaan Mavi Marmara dipercepat. Kedutaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News