Forum Rakyat Leksma Jayabaya Tantang 3 Capres Paparkan Solusi Polarisasi Politik

Forum Rakyat Leksma Jayabaya Tantang 3 Capres Paparkan Solusi Polarisasi Politik
Ilustrasi bakal capres Pilpres 2024 (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEKSMA) Universitas Jayabaya menggelar Forum Rakyat dan berencana mengundang tiga capres Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Ketiganya diminta untuk memaparkan solusi dari sejumlah persoalan demokrasi yang saat ini sedang terjadi di Indonesia menjelang Pilpres 2024.

"Bagaimana ketiga tokoh ini mengatasi money politic, polarisasi politik, politik identitas, dan sebagainya pada pemilu 2024 sehingga pesta demokrasi berjalan dengan damai," ujar Ridha Furqon Wahyu Ramdhani Presiden Leksma Universitas Jayabaya, Jumat (14/9).

Ridha mengatakan ide mengadakan Forum Rakyat dengan menghadirkan para capres merupakan bentuk implementasi dari keputusan MK No 65/PUU-XXI/2023.

Putusan yang keluar tanggal 15 Agustus 2023 itu membolehkan kegiatan kampanye di lembaga pendidikan dengan beberapa syarat dan batasan yang harus dipenuhi.

"Forum Ini dirancang untuk menghubungkan calon pemimpin bangsa Indonesia dengan mahasiswa dan pelajar untuk berdiskusi mengenai pemikiran dan rancangan kebijakan setiap bacapres sehingga masyarakat bisa menilai ide-ide serta gagasan yang disampaikan" ujarnya.

Forum ini juga menjadi wadah bagi masyarakat, untuk mempertanyakan, menguji serta memahami setiap rancangan kebijakan bacapres kedepannya.

Rencananya Forum Rakyat ini bersifat interaktif dimana dalam proses pelaksanaannya para bacapres beserta tokoh-tokoh lainnya diberikan kesempatan untuk menyampaikan gagasan mengenai tema yang telah ditentukan.

Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEKSMA) Universitas Jayabaya menggelar Forum Rakyat dan berencana mengundang tiga capres

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News