Foto Otak Serangan 9/11 Bocor ke Publik

Foto Otak Serangan 9/11 Bocor ke Publik
Foto : AP
SAN JUAN - Untuk pertama kalinya, foto-foto Khalid Sheikh Mohammed yang menjadi otak serangan 11 September (9/11) yang meluluhlantakkan menara World Trade Center beredar luas ke publik. Menurut para ahli, foto Sheikh Khalid sering digunakan kelompok teroris untuk mengilhami serangan terhadap Amerika Serikat.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press, pagi ini, foto-foto Sheikh Khalid yang beredar itu merupakan hasil jepretan Palang Merah Internasional bulan Juli lalu, di pusat penahanan di pangkalan Angkatan Laut AS di Guantanamo, Kuba. Dalam foto itu, nampak Sheikh Khalid yang berjengot lebat duduk dengan tenang berbalut surban dan jubah putih.

Ini adalah sekumpulan gambar pertama Sheikh Khalid, sejak foto terakhirnya yang diambil di Pakistan pada 2003 silam. Dalam foto tahun 2003 itu, Sheikh Khalid terlihat mengenakan t-shirt ketat dengan rambut dan kumis acak-acakan. Sejak itu, gambar tentang Sheikh Khalid hanyalah berupa kartun rekaan pelukis di pengadilan.

Komisi Internasional bentukan Palang Merah memang memiliki misi untuk memantau perlakuan terhadap para tahanan 9/11. Juru bicara Palang Merah Internasional, Bernard Barrett, yang dikonfirmasi kemarin, mengatakan bahwa mendapatkan foto terakhir para tahanan merupakan salah satu misi mereka.

SAN JUAN - Untuk pertama kalinya, foto-foto Khalid Sheikh Mohammed yang menjadi otak serangan 11 September (9/11) yang meluluhlantakkan menara World

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News