Fraksi PPP Prihatin DPR Dipimpin Tersangka

Fraksi PPP Prihatin DPR Dipimpin Tersangka
Ketua Fraksi PPP DPR RI Reni Marlinawati. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyerahkan sepenuhnya proses etika Ketua DPR Setya Novanto yang berstatus tersangka ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Ketua Fraksi PPP DPR Reni Malinawati menyebutkan, di dewan ada mekanisme di MKD untuk menilai masalah etika kelembagaan ketika seorang pimpinan dewan berstatus tersangka.

"MKD-lah yang bisa menentukan batas-batasan mana yang harus ditindaklanjuti," ucap Reni, Minggu (19/11).

Dia pun belum mengetahui adanya dua pengaduan dari masyarakat yang masuk ke MKD, soal dugaan pelanggaran etika yang dilakukan Setya Novanto.

Secara internal, fraksi yang merupakan representasi partai berlambang kabah di parlemen, PPP juga belum membahas situasi ini.

Saat ditanya solusi ideal agar status Novanto tidak berimbas pada citra lembaga DPR, Reni tidak memberikan sikap. Termasuk soal kemungkinan meminta Novanto mengundurkan diri.

"Mengundurkan diri atau tidak, itu hak Pak Setnov. Persoalan kepatutan, lagi-lagi ini tergantung dari perspektif mana melihat. Tetapi jujur dengan terjadi kasus ini saya merasa prihatin, prihatin ke Pak Setnov, kemudian prihatin pada DPR," pungkasnya. (fat/jpnn)


Mengundurkan diri atau tidak sebagai Ketua DPR, itu hak Pak Setya Novanto.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News