G20, SBY Bicara Keamanan dan Maritim

G20, SBY Bicara Keamanan dan Maritim
G20, SBY Bicara Keamanan dan Maritim
JAKARTA - Sikap pesimis yang dilontarkan sejumlah pengamat terhadap hasil G20 Summit di Seoul, Korea Selatan, dijawab oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelum bertolak ke Seoul, SBY memberikan keterangan pers. Intinya, pertemuan puncak G20 merupakan pertemuan penting karena membahas pembangunan ekonomi global yang seimbang, reformasi lembaga keuangan internasional, perdagangan, sistem keuangan, dan investasi. Indonesia akan berbicara soal keamanan dan perlindungan wilayah maritim.

"Pembahasan tentang pembangunan ekonomi dan perdagangan sangat penting dibahas dalam G20 Summit. Beberapa agenda penting lain juga menjadi tema utama, seperti reformasi lembaga keuangan internasional, perlunya menata kembali regulasi sistem keuangan, perdagangan dan investasi, ingga soal perubahan iklim," kata SBY, Kamis (11/11).

SBY mengatakan, sebagai negara berkembang, Indonesia tidak mau "dianaktirikan" dalam sistem perekonomian dunia. "Kita tidak ingin ekonomi dunia berkembang secara timpang, tidak adil, tidak mendengarkan aspirasi dan permasalahan yang dihadapi negara-negara berkembang. Korea Selatan meminta Indonesia berbicara di forum itu, memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang," bebernya.

Dalam G20 Summit, Indonesia akan membawa isu utama soal keamanan dan lingkungan maritim. "Indonesia  memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Kita ingin melindungi wilayah lautan maritim kita yang terbentang luas," kata SBY.

JAKARTA - Sikap pesimis yang dilontarkan sejumlah pengamat terhadap hasil G20 Summit di Seoul, Korea Selatan, dijawab oleh Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News