Gandeng BI, Kemnaker Tingkatkan Kemampuan TKM Mencatat Laporan Keuangan Secara Digital

Gandeng BI, Kemnaker Tingkatkan Kemampuan TKM Mencatat Laporan Keuangan Secara Digital
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi ketika memberikan sambutan secara virtual pada acara Kick Off Sinergi Mendorong Akses Keuangan UMKM melalui Pemanfaatan Aplikasi SIAPIK Bank Indonesia, di Jakarta, Senin (7/3). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui pengembangan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pada sektor informal.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi menyampaikan upaya tersebut dimaksudkan guna mendorong tenaga kerja agar mampu menciptakan lapangan kerja.

Terkait upaya tersebut, Kemnaker berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk memberikan kapasitas bagi pelaku usaha yang tergabung dalam TKM agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara digital.

Tahun lalu, Kemnaker dan BI telah menjalin kerja sama melalui pelatihan pencatatan keuangan menggunakan aplikasi SIAPIK yang diikuti oleh 800 peserta TKM.

"Kami sangat mengapresiasi adanya kolaborasi antara Kemnaker dengan Bank Indonesia," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi ketika memberikan sambutan secara virtual pada acara Kick Off Sinergi Mendorong Akses Keuangan UMKM melalui Pemanfaatan Aplikasi SIAPIK Bank Indonesia, di Jakarta, Senin (7/3).

Sekjen Anwar menyampaikan kegiatan tersebut erat kaitannya untuk memperkuat kerja sama antara Kemnaker dengan BI dalam meningkatkan kapasitas tenaga kerja mandiri, khususnya yang berkaitan dengan pencatatan laporan keuangan secara digital.

"Kami akan dorong TKM untuk dapat memiliki kapasitas literasi digital dalam melakukan pencatatan laporan keuangan dengan baik agar dapat bersaing pada era globalisasi sekarang ini" ujarnya. (mrk/jpnn)


Kemnaker menggandeng BI untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan TKM melakukan pencatatan laporan keuangan secara digital


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News