Ganjar Milenial Adakan Pentas Jatilan Untuk Lestarikan Kesenian Tradisional Jawa

Ganjar Milenial Adakan Pentas Jatilan Untuk Lestarikan Kesenian Tradisional Jawa
Kegiatan seni jatilan yang diadakan Ganjar Milenial Center di Gunung Kidul. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, GUNUNG KIDUL - Jatilan atau bisa disebut kuda lumping merupakan salah satu kesenian yang berasal dari tanah Jawa.

Menggunakan properti kuda tiruan dalam penampilannya, jatilan menjadi salah satu kesenian yang cukup unik di Indonesia.

Berbagai upaya terus dilakukan agar seni itu tidak punah ditelan zaman yang serba modern. Salah satunya, seperti yang dilakukan jaringan Ganjar Milenial Center (GMC) Yogyakarta pada Selasa (16/5).

Pementasan kesenian Jatilan digelar oleh sukarelawan beranggotakan para milenial di Yogyakarta ini, di Desa Kanigoro, Kecamatan Satposari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Koordinator Wilayah GMC Yogyakarta, Roni Romadhoni mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah paguyuban jatilan yang ada di Gunung Kidul untuk menghelat kegiatan ini.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk melestarikan budaya, karena Yogyakarta sendiri terkenal dengan seni," kata Roni.

Bagi GMC, pelestarian kesenian tradisional menjadi sangat penting dilakukan karena saat ini Indonesia banyak mengalami gempuran budaya asing yang menggerus nilai-nilai budaya lokal.

Mendapat antusiasme luar biasa oleh warga sekitar, ratusan warga dari berbagai kalangan usia tumpah ruah menyaksikan acara tersebut.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center menggelar pentas seni jatilan di Kabupaten Gunung Kidul untuk melestarikan kesenian tradisional Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News