Ganjar Tegaskan Komitmen Melanjutkan Pembangunan IKN Nusantara

Ganjar Tegaskan Komitmen Melanjutkan Pembangunan IKN Nusantara
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo melambaikan tangannya saat tiba di Pasar Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU)

jpnn.com - JAKARTA - Calon Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengunjungi Ibu Kota Negara Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimanta Timur, Kamis (7/12) siang. Ganjar menjadi capres peserta Pilpres 2024 pertama yang mengunjungi IKN Nusantara.

Kunjungan Ganjar ke IKN tersebut sebagai wujud komitmennya melanjutkan pembangunan IKN apabila dirinya dan cawapres Mahfud MD memenangkan Pilpres 2024.

Sebab, peraturan perundang-undangan terkait IKN sudah disahkan. "Untuk menunjukkan sebuah komitmen saja orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan," kata Ganjar kepada wartawan di Titik Nol IKN, Kalimantan Timur, Kamis (7/12).

Ganjar menjelaskan bahwa rencana pemindahan ibu kota negara telah disiapkan sejak zaman kepemimpinan Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Meski demikian, rencana tersebut tidak kunjung terealisasi, hingga masa pemerintahan Presiden Ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi).

Ganjar pun menegaskan pihaknya akan melanjutkan dan menyiapkan dengan betul pembangunan IKN agar bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Dia juga mengaku sudah siap berkantor di IKN jika terpilih menjadi presiden kedelapan RI. "Saya sampaikan tadi dari awal saya di sini, yang pertama, untuk menunjukkan komitmen itu," ungkap Ganjar.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu berharap IKN dapat menjadi kota masa depan dengan modernitas kemajuan peradaban sekaligus mewujudkan mimpi-mimpi anak bangsa.

"Mudah-mudahan menjadi harapan Indonesia secara bersama-sama. Inilah kota masa depan yang didesain menjadi mimpi, modernitas kemajuan peradaban sekaligus bagaimana kita bicara mimpi-mimpi anak bangsa," ujarnya.

Ganjar pun menegaskan pihaknya akan melanjutkan dan menyiapkan dengan betul pembangunan IKN Nusantara agar bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News