Gas Bumi Rumah Tangga Aman

Gas Bumi Rumah Tangga Aman
Gas Bumi Rumah Tangga Aman
JAKARTA - Kepala BPH Migas, Tubagus Haryono mengatakan, bahwa gas bumi yang didistribusikan melalui pipa jaringan distribusi untuk konsumsi rumah tangga dan pelanggan kecil saat ini dalam kondisi aman, karena memiliki tekanan yang rendah.

Dijelaskan Tubagus, penggunaan gas sebagai bahan bakar alternatif untuk rumah tangga, selain lebih aman, juga bersih dan lebih hemat. Perkiraan biaya rumah tangga dan pelanggan kecil berkisar antara Rp 28 ribu - Rp 30 ribu per bulan. Dengan besaran ini, penggunaan gas lebih irit dibandingkan dengan bahan bakar apapun.

Disinggung mengenai harga jual gas kepada konsumen, Tubagus menjelaskan, harga ditentukan oleh Indeks Harga Konsumen (IHK), sehingga harga gas antara satu kota dengan kota lainnya berbeda. Sedangkan menyangkut biaya instalasi diperkirakan sekitar Rp 1 juta.

Tubagus menambahkan, pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan jaringan distribusi gas kota merupakan program komplementer konversi minyak tanah ke LPG untuk percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi.

JAKARTA - Kepala BPH Migas, Tubagus Haryono mengatakan, bahwa gas bumi yang didistribusikan melalui pipa jaringan distribusi untuk konsumsi rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News