Gelar Workshop, Jamkrindo Berharap UMKM di Maluku Bisa Buat Laporan Keuangan Digital

Gelar Workshop, Jamkrindo Berharap UMKM di Maluku Bisa Buat Laporan Keuangan Digital
PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) mengelar workshop bertema Mengelola Laporan Keuangan Bagi UMKM & Google Profile Business, yang digelar di Barugae, Gedung PLUT KUMKM Maluku pada Kamis, (12/10). Foto dok Jamkrindo

jpnn.com, MALUKU - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) terus mendorong literasi keuangan untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Indonesia timur.

Hal itu diwujudkan melalui acara workshop bertema Mengelola Laporan Keuangan Bagi UMKM & Google Profile Business, yang digelar di Barugae, Gedung PLUT KUMKM Maluku pada Kamis, (12/10).

Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Maluku Nasir Kilkoda, Kepala PLUT Provinsi Maluku Astri G Mainake, Kepala Seksi Layanan Usaha Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Afriaty Watiheluw, dan CEO Layanan UMKM Naik Kelas (LUNAS) Roy Baskoro.

Darmin, seorang konsultan UMKM, yang hadir dalam workshop menyampaikan tantangan pengembangan UMKM di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon.

Menurut dia, rata-rata pengusaha di Maluku masih membuat laporan keuangan secara manual atau hanya bisa melakukan pembukuan dengan mencatat transaksi.

"Dengan workshop ini kami mengetahui cara membuat laporan keuangan bahkan secara digital. Untuk itu pelaku UMKM di Maluku khususnya Kota Ambon sangat mengapresiasi pelatihan dari Jamkrindo ini," kata Darmin.

“Dengan acara ini kami berharap lebih banyak lagi UMKM yang mampu membuat laporan keuangan sendiri,” imbuh Wakil Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan II Jamkrindo Anggit Murdiwibowo.

Adapun tujuan acara ini untuk meningkatkan literasi keuangan pada pelaku usaha UMKM di Kota Ambon melalui materi dan workshop pengelolaan laporan keuangan, pengenalan penjaminan PT Jamkrindo dan UMKM Layak, serta peningkatan literasi digital marketing melalui materi Google Profil Business.

Pemilik UMKM harus bisa membuat laporan keuangannya sendiri. Kali ini, Jamkrindo memaparkan ada tiga jenis laporan keuangan utama untuk UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News