Gelontorkan Rp 100 Miliar untuk Nelayan

Gelontorkan Rp 100 Miliar untuk Nelayan
Gelontorkan Rp 100 Miliar untuk Nelayan
JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan untuk meringankan beban nelayan. Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, KKP mengalokasikan Rp 100 miliar untuk dibagikan pada 1000 Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang tersebar di 121 kabupaten/kota se Indonesia. Penyerahan awal dimulai dari KUB Cilincing, Jakarta Utara, kemarin.  

’’Kita memulai dari yang ada terdekat dengan kita, Cilincing. Selain keadaan masyarakat nelayan di sini sangat memprihatinkan, dinas setempat juga proaktif. Jadi kita utamakan yang ada di depan mata kita, baru mengalir terus sampai tuntas ke seluruh Indonesia, di mana tersebar di 121 kabupaten/kota akan kita sisir nanti,’’ jelas Deddy Sutisna, dirjen Perikanan Tangkap KKP sebelum menyerahkan bantuan kepada nelayan di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, kemarin. 

Khusus untuk pengentasan kemiskinan nelayan, dilaksanakan melalui Kegiatan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan (PUMP) Perikanan Tangkap (PT). PUMP PT ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan pendapatan nelayan melalui pengembangan kegiatan usaha nelayan skala kecil. Selain itu, meningkatkan kewirausahaan nelayan dan meningkatkan fungsi kelembangaan ekonomi nelayan menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses permodalan.

’’Setiap KUB akan memeroleh bantuan langusng masyarakat (BLM) sebesar Rp 100 juta yang dapat difungsikan untuk pengadaan dan perbaikan sarana produksi, seperti perahu, mesin, alat penangkap ikan, serta alat bantu penangkap ikan. Termasuk di dalamnya biaya operasional penangkapan ikan, seperti BBM, es, logistik, dan air bersih.

JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan bantuan untuk meringankan beban nelayan. Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News