Kualanamu Selevel Soekarno-Hatta

Bisa Langsung Terbang ke Eropa

Kualanamu Selevel Soekarno-Hatta
Kualanamu Selevel Soekarno-Hatta
JAKARTA -- Bandara Kualanamu Medan ternyata merupakan bandara kelas wahid di negeri ini. Levelnya hanya tersaingi oleh Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Jakarta.  Jika Bandara Soetta punya landasan model paralel independen, Bandara Kualanamu juga demikian. Dengan model ini, bandara baru pengganti Polonia itu bisa digunakan untuk mendarat dua pesawat sekaligus dalam waktu bersamaan.

"Tapi untuk tahap awal dibangun satu landasan dulu," terang Direktur Bandara Departemen Perhubungan Bambang Cahyono kepada JPNN kemarin petang (4/4). Untuk panjang landasan Bandara Kualamu, malah mengalahkan Bandara Soetta.

Bambang menyebutkan, dua landasan Bandara Soetta masing-masing panjangnya 3.660 kali 60 meter dan 3.600 kali 60 meter. "Sedang Bandara Kualanamu 3.750 kali 60 meter. Jadi lebih panjang Kualanamu," terang Bambang.

Bagaimana jika dibandingkan dengan bandara lain di level daerah? Bandara Kualanamu rupanya juga tetap unggul. Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sudah tergolong megah saat ini. Namun, nantinya tetap lebih megah Bandara Kualanamu. "Lahan bandara di Makassar itu 50 ribu meter persegi, sedang Bandara Kualanamu 120 ribu meter persegi," sebut Bambang.

JAKARTA -- Bandara Kualanamu Medan ternyata merupakan bandara kelas wahid di negeri ini. Levelnya hanya tersaingi oleh Bandara Soekarno-Hatta (Soetta),

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News