Bank Diminta Selektif Pilih Debt Collector

Bank Diminta Selektif Pilih Debt Collector
Bank Diminta Selektif Pilih Debt Collector
JAKARTA — Bank Indonesia (BI) meminta perbankan lebih selektif dalam memilih jasa penagihan hutang (debt collector). BI pun menyesalkan penagihan hutan oleh Citibank melalui jasa debt collector yang berujung pada tewasnya Irzen Octa di di kantor Citibank, Menara Jamsostek, Jakarta Selatan, Selasa (29/3) lalu.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Pengawasan, Halim Alamsyah, menyatakan, pihak bank tetap harus bertanggung jawab dalam kasus itu. "Dilarang mlakukan tindakan yang sifatnya misleading. Kami tentu saja melihat kembali praktik-praktik yang ada. Kami juga sgera meminta bank yang bersangkutan untuk meminta melakukan perbaikan," kata Halim di Mabes Polri, Senin (4/4).

Secara aturan, lanjut Halim, penggunaan jasa tukang tagih memang dibenarkan. Namun ada sejumlah kode etik yang harus dipatuhi dalam kegiatan penagihan itu. Di antaranya, dilarang melakukan cara-cara kekerasan atau hal-hal di luar batas kewajaran dan bertentangan dengan hukum.

"Di beberapa negara pengunaan jasa penagihan utang biasa dilakukan. Di Amerika, ini diatur dalam undang-undang supaya lebih kuat. UU praktik penagihan utang yang wajar. Di mana dalam UU misalnya dilarang melakukan ancaman, mengunakan bahasa yang kasar, dilarang melakukan komunikasi dengan pihak yang tidak terkait," tambahnya.

JAKARTA — Bank Indonesia (BI) meminta perbankan lebih selektif dalam memilih jasa penagihan hutang (debt collector). BI pun menyesalkan penagihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News