Gelontorkan Rp 1.028 Triliun, Disney Resmi Akuisisi Fox

Gelontorkan Rp 1.028 Triliun, Disney Resmi Akuisisi Fox
Episode kartun The Simpson memperlihatkan logo 20th Century Fox yang memiliki tulisan A Division of Walt Disney Co. di bawahnya. (Fox)

jpnn.com - Walt Disney Pictures akhirnya resmi memiliki lisensi atas blockbuster 21st Century Fox. Kesepakatan itu tercapai lewat merger pada Jumat pagi (27/7) waktu setempat dalam rapat terbatas di New York Hilton Midtown.

Rumah produksi yang juga menaungi Lucasfilm dan Marvel Studios itu menebus aset-aset Fox dengan nilai fantastis. Yakni, USD 71,3 miliar alias Rp 1.028 triliun!

Meski mahal, menurut sumber Hollywood Reporter, pihak Disney tidak butuh waktu lama untuk mencapai mufakat. ’’Prosesnya kurang dari 15 menit. Soalnya, proses pertemuan dilakukan sejak Desember lalu,” ungkap sumber tersebut.

Dalam pertemuan yang dipimpin penasihat Alan Braverman dan CFO Disney Christine McCarthy itu, voting berlangsung mulus. ”Sebanyak 99 persen setuju. Hanya satu yang sempat mengajukan penolakan,” lanjutnya, sebagaimana dikutip Gizmodo.

Kesepakatan tersebut jauh lebih cepat dari perkiraan penasihat umum 21st Century Fox Gerson Zweifach. Dia memperkirakan, merger baru akan tercapai pada pertengahan 2019. ’’Kesepakatan ini bakal membawa transformasi besar buat kami,” tegasnya.

Wajar bila nilai kesepakatan itu amat tinggi. Bahkan, lebih tinggi dari pembelian Lucasfilm oleh Disney pada 2012. Kala itu, George Lucas selaku kreator dan pendiri Lucasfilm ”hanya” mendapat USD 4 miliar (Rp 57,9 triliun). Fox punya banyak ”amunisi” yang bisa dieksplorasi. Mulai War of the Planet of the Apes hingga Avatar.

Dari pembelian tersebut, yang paling membikin fans happy tentu ’’masuknya” mutan Marvel. Maklum, meski sama-sama berasal dari komik Marvel, para mutan dan Avengers tidak pernah bertemu.

Sebab, lisensi untuk penayangan keduanya dipegang oleh dua rumah produksi yang berbeda. Nah, dengan kesepakatan baru itu, fans bisa berharap banyak. Bisa jadi, para mutan bertemu para anggota Avengers.

Walt Disney Pictures akhirnya resmi memiliki lisensi atas blockbuster 21st Century Fox dengan nilai transaksi fantastis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News