Gelorakan Spirit Bung Karno Lewat Komik Karya Putra Bu Mega

Gelorakan Spirit Bung Karno Lewat Komik Karya Putra Bu Mega
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memperlihatkan komik berjudul Bung Karno Bapak Bangsa. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan meluncurkan komik tentang Bung Karno. Peluncuran cerita bergambar itu akan dilakukan pada perayaan ulang tahun ke-46 PDIP sekaligus rapat koordinasi nasional (rakornas) pada Kamis lusa (10/1) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, komik itu merupakan karya Prananda Prabowo yang tak lain cucu Bung Karno. Prananda adalah putra kedua Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami luncurkan karya soal sejarah Bung Karno, dibuat dalam bentuk komik. Ini dari Mas Prananda Prabowo," ujar Hasto dalam jumpa pers Rumah Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1).

Komik dengan sampul luks itu terdiri dari 36 halaman. Judulnya Bung Karno Bapak Bangsa.

Isinya menampilkan kisah hidup Bung Karno sejak kelahirannya, hingga diangkat menjadi Presiden Pertama RI dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang digelar pada 18 Agustus 1945. Cerita dalam komik itu diawali dengan gambar tentang Surabaya yang menjadi kota kelahiran Soekarno pada masa kolonial.

Di kota pelabuhan itulah kedua orang tua Soekarno bermukim setelah hijrah dari Bali. Ayah Soekarno, R Soekemi Sosrodiharjo merupakan guru di sekolah rendah di Jalan Sulung, Surabaya.

Cerita lantas berpindah ke soal kelahiran Soekarno pada 6 Juni 1901. Kalau itu istri Soekemi, Ida Ayu Nyoman Rai melahirkan bayi laki-laku yang diberi nama Koesno.

Kelak, nama bayi yang lahir jelang fajar itu diganti menjadi Soekarno. Soekemi sebagai pendidik memasukkan Soekarno kecil ke Eerste Inlandsche School atau Sekolah Dasar Bumiputra.

PDI Perjuangan akan meluncurkan komik berjudul 'Bung Karno Bapak Bangsa' saat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu merayakan ulang tahunnya yang ke-46.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News