Gempa 6,1 SR Terjadi di Manokwari

Gempa 6,1 SR Terjadi di Manokwari
Gempa 6,1 SR Terjadi di Manokwari
JAKARTA -- Bumi di sebagian wilayah tanah air sepertinya tak henti-hentinya bergetar. Dalam sehari ini saja, hingga sore ini, telah terjadi dua kali gempa. Pada pukul 11:00:40 Wib tadi, terjadi gempa di Gorontalo, tepatnya di 108 Km Barat Laut provinsi yang dipimpin Gubernur Fadel Muhammad itu. Pusat gempa pada kedalaman 25 Km, dengan kekuatan 5,3 SR.

Gempa dengan kekuatan lebih besar lagi, yakni 6,1 SR, terjadi di 123 Km Barat laut Manokwari, Papua Barat. Pusat gempa yang terjadi pada pukul 10:36:01 WIB ini ada pada kedalaman 56 Km pada 0.47 LS - 133.03 BT. Getaran gempa di Manokwari ini terasa hingga ke wilayah Sorong.

Dalam situs resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan semacam tanggapan terhadap isu yang berkembang di masyarakat. BMKG menyatakan bahwa isu akan terjadi gempa bumi dengan skala besar adalah isu belaka.

"Masyarakat diharapkan tidak percaya akan isu tersebut. Sampai saat ini, belum ada teknologi yang mampu mendeteksi kapan, dimana serta kekuatan gempabumi akan terjadi," demikian tertulis di situs BMKG. (sam/JPNN)

JAKARTA -- Bumi di sebagian wilayah tanah air sepertinya tak henti-hentinya bergetar. Dalam sehari ini saja, hingga sore ini, telah terjadi dua kali


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News