Gempur Sulu, Pasukan Malaysia Langgar HAM

Gempur Sulu, Pasukan Malaysia Langgar HAM
Gempur Sulu, Pasukan Malaysia Langgar HAM
LAHAD DATU - Pemerintah Filipina mengungkapkan keprihatinan mendalam kepada aparat Malaysia yang melancarkan Operasi Daulat untuk memberantas gerilyawan Kesultanan Sulu. Merujuk laporan sejumlah media Filipina, banyak warga sipil tak bersalah yang dilecehkan sesudah terjebak dalam pertempuran antara pasukan Malaysia dan pengikut Sultan Sulu di Sabah.

Gara-gara dituding sebagai pengikut Sultan Sulu Jamalul Kiram III, banyak warga Filipina yang menetap di Sabah yang dipukuli dan ditembak pasukan Malaysia.

"Kami prihatin atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang dilaporkan di media Filipina. Perlakuan seperti itu terhadap warga negara Filipina tidak dapat diterima," kata Abigail Valte, juru bicara Presiden Benigno Aquino, seperti dikutip Philippine Daily Inquirer kemarin.

Dia mengingatkan bahwa Presiden Aquino secara pribadi sudah meminta Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memastikan sekitar 800 ribu warga Filipina di Sabah tidak dianiaya. "Mereka hanya terjebak karena tinggal di sana," imbuhnya.

LAHAD DATU - Pemerintah Filipina mengungkapkan keprihatinan mendalam kepada aparat Malaysia yang melancarkan Operasi Daulat untuk memberantas gerilyawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News