Gencarkan Program Toilet Bersih Sehat Jujur

Gencarkan Program Toilet Bersih Sehat Jujur
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - YOGYAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menggencarkan program toilet bersih sehat jujur di sekolah-sekolah. Dengan program tersebut akan tumbuh budaya bersih dan sehat di sekolah.

Menteri Yuddy menyebutkan, program toilet bersih sehat jujur dimulai dengan penyediaan sarana meliputi lemari, pembalut, celana dalam, kantong plastik, tempat sampah, kotak uang, pewangi, keset, dan banner toilet, gantungan baju, dan papan pengumuman. Penyuluhan kesehatan reproduksi bekerja sama dengan puskesmas dan universitas.

"Sebelum inovasi, siswi menghadapi masalah toilet. Setelah inovasi, tumbuh budaya bersih dan sehat di sekolah. Toilet sekolah menjadi bersih. Warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan. Siswi haid tidak mengalami gangguan dalam kegiatan belajar karena tersedia toilet bersih," beber Menteri Yuddy saat blusukan ke SMKN 3 Wonosari, Selasa (19/4).

Tumbuhnya budaya bersih dan sehat bagi guru maupun siswa menjadi contoh toilet sekolah yang bersih. Perubahan pola pikir dan gaya hidup bisa didorong oleh penyediaan fasilitas memadai di lingkungan sekolah. "Inovasi yang sederhana bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah," cetusnya.

Menteri Yuddy menambahkan, inovasi pelayanan publik tidak selalu identik dengan teknologi canggih dan berbiaya mahal. Apa yang diterapkan di SMKN 3 Wonosari misalnya tidak menggunakan teknologi canggih, dan mahal. Tetapi manfaat yang diperoleh sangat besar, baik dari sisi edukasi terutama untuk melatih kejujuran siswa, juga kesehatan dan kebersihan. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News