JPNN.com

Generasi Anti Narkoba Indonesia Dukung Pemanfaatan Produk Tembakau Alternatif

Kamis, 05 September 2019 – 17:01 WIB Generasi Anti Narkoba Indonesia Dukung Pemanfaatan Produk Tembakau Alternatif - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Generasi Anti Narkoba Indonesia (GANI) mendukung penggunaan produk tembakau alternatif, seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik.

Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi masalah bahaya dari rokok. Pasalnya, manfaat produk tembakau alternatif belum dimaksimalkan lantaran opini negatif yang menyatakan sama berbahayanya dengan rokok, bahkan dikaitkan dengan penyalahgunaan narkoba.

“Jadi tidak tepat bagi industri tembakau alternatif untuk disalahkan. Justru industri tembakau alternatif ini membantu menekan jumlah korban perokok akut dengan menawarkan jenis tembakau alternatif ini,” kata Ketua Umum DPP GANI Djoddy Prasetio Widyawan.

Djoddy menjelaskan produk tembakau yang dipanaskan, tidak melalui proses pembakaran tembakau, melainkan memanaskan tembakau sehingga yang dihasilkan adalah uap, bukan asap.

“Produk tembakau yang dipanaskan bisa digunakan sebagai solusi pemerintah untuk mengurangi masalah yang diakibatkan oleh rokok karena menghilangkan TAR dan menurunkan zat kimia berbahaya lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Djoddy juga menanggapi kasus penyalahgunaan narkoba pada produk tembakau alternatif, tepatnya di rokok elektrik yang menggunakan cairan nikotin.

“Industri tembakau alternatif ini menjadi korban dari oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memodifikasinya sebagai sarana atau media penggunaan narkoba,” tegas dia.

Untuk itu, Djoddy menyarankan pembuat kebijakan untuk membuat regulasi bagi produk tembakau alternatif yang spesifik dan berbeda dengan regulasi yang diterapkan untuk rokok.

Dengan begitu, akan meminimalkan penyalahgunaan terhadap produk tersebut, namun di lain sisi juga membantu para perokok untuk lebih mudah beralih ke produk tembakau alternatif.

"Kami siap untuk dilibatkan pemerintah dan industri tembakau alternatif, khususnya produk tembakau yang dipanaskan, untuk mencari solusi bagi masyarakat lebih baik dan aman bagi kesehatan," tandasnya.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...