Generasi Muda Penting Pahami dan Amalkan Pancasila

Generasi Muda Penting Pahami dan Amalkan Pancasila
Ketua Umum TMP Maruarar Sirait (tengah baju merah) mengajak anak muda peserta kirab kebangsaan yang digelar di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (9/4) menjaga dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila. Foto: TMP for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menilai, “Kirab Kebangsaan” yang simultan digelar Taruna Merah Putih (TMP) di berbagai kota di Indonesia, harus terus digalakkan.

Tujuannya agar anak-anak muda tahu jati dirinya melalui pengamalan Pancasila.

“Acara kirab kebangsaan ini bukti bahwa masih banyak masyarakat yang peduli dengan Pancasila. Melalui TMP bisa menyatukan kita semua,” ujar Nurdin Abdullah saat mengikuti Kirab Kebangsaan yang digelar TMP di Rawamangun Jakarta Timur, Minggu (9/4).

Nurdin optimistis kirab kebangsaan yang terus digaungkan TMP, akan semakin menyadarkan masyarakat, akan arti pentingnya menjaga pluralisme. Karena hanya dengan demikian bangsa Indonesia akan semakin kuat dan sulit tergoyahkan sampai kapan pun.

“Saya berharap habis ramadhan acara seperti ini bisa berlangsung di Bantaeng. Jadi saya kira generasi muda penting pemahaman terhadap Pancasila yang sudah mulai luntur. Inilah yang coba diembalikan. Wajib itu bagi anak-anak untuk mengamalkan Pancasila,” ucap Nurdin.

Kirab kebangsaan yang diikuti sekitar sepuluh ribu anak muda, juga menggelar berbagai atraksi. Mulai dari pencak silat, permainan pedang, marching band, barongsai, ondel-ondel dan masih banyak lagi. Para peserta masing-masing mengenakan atribut dan pakaian yang berbeda-beda.

Kirab kebangaaan dibuka langsung oleh Ketua Umum TMP Maruarar Sirait. Acara yang sama sebelumnya juga telah sukses dilakukan di berbagai kota. Seperti Bogor, Bandung, Karawang, Semarang, Subang dan Magelang.

Maruarar mengatakan, bulan depan TMP akan kembali menggelar Kirab Kebangsaan di Kota Bekasi, Bogor, dan Magelang. Setelah itu baru ke Sorong, Papua dan Bantaeng, serta kota lainnya di Indonesia.(gir/jpnn)


Bupati Bantaeng, Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menilai, “Kirab Kebangsaan” yang simultan digelar Taruna Merah Putih (TMP) di berbagai


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News