GenPI Luncurkan Tiga Pasar Baru Lagi

GenPI Luncurkan Tiga Pasar Baru Lagi
Pasar karetan. Foto: Istimewa

jpnn.com, KENDAL - Generasi Pesona Indonesia (GenPI), komunitas anak-anak muda di media sosial yang concern di pariwisata, membuat aktivitas offline lagi.

Pasar Karetan yang didesain di tepian hutan karet Segrumung, Meteseh, Boja, Kendal akan dibuat dengan konsep yang berbeda di 3 kota sekaligus.

Pertama, Pasar Pancingan di Lombok oleh GenPI NTB. Kedua Pasar Baba Boentjit di tepian Sungai Musi, Palembang oleh GenPI Sumsel, dan ketiga Pasar Siti Nurbaya di Padang.

“Ini menterjemahkan ide Pak Menpar Arief Yahya, bahwa komunitas itu harus punya 2C, agar sustainable. Creative value dan Commercial value,” kata Don Kardono, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi.

Selama ini, komunitas GenPI yang bergerak di media sosial untuk memposting destinasi wisata, Calender of Events dan Kebijakan Kepariwisataan. Hampir semua aktivitasnya di online. Pasar ini adalah salah satu bentu event offline, mengajak netizen, followers, subscribers, friends mereka “kopi darat” di satu tempat secara rutin setiap Minggu Pagi.

“Apa yang membuat mereka bisa betah berjumpa di offline? Apa yang bisa bermanfaat buat masyarakat? Maka kami buat pasar, tempat bertemu antara buyers dan sellers, tempat ngerumpi, ketemu muka, dan asyik,” sebut Don Kardono.

Lalu apa yang membuat mereka tertarik? “Lagi-lagi ini rumusnya Pak Menpar Arief, harus berada di tempat yang instagramable! Yang punya banyak spot selfie. Yang bisa buat nge-vlog, bikin banyak bergaya foto, yang gambarnya keren. Dan ini menjadi destinasi baru, destinasi yang lain diunggah di media sosial,” jelas Don lagi.

Masyarakat setempat digandeng, untuk berjualan makanan minuman yang juga harus instagramable. Traditional cuisine, kuliner lokal yang unik, mainan anak-anak yang khas, dan spirit go green. Tidak banyak plastik, steroform, dan berbahan yang mudah di recycle, untuk manajemen sampah.

Generasi Pesona Indonesia (GenPI), komunitas anak-anak muda di media sosial yang concern di pariwisata, membuat aktivitas offline lagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News