Gerbong KA Bermuatan Batu Bara Terguling

Jalan Menuju Tambang PTBA Lumpuh Total

Gerbong KA Bermuatan Batu Bara Terguling
Gerbong KA Bermuatan Batu Bara Terguling
MUARA ENIM- Dua gerbong Kereta Api (KA) Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang), keluar dari rel hingga terguling. Gerbong yang sarat muatan batubara itu, terputus dari 22 gerbong rangkaian lainnya, yang diangkut lokomotif CC 201101. Terbaliknya gerbong menuju Stasiun Kertapati itu, Jum’at (12/08), sekitar pukul 13.32 WIB, di pintu perlintasan Km 0+2/3, Jalan Perwira, Kelurahan Pasa Satu Pelitasari, Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Kereta yang terbalik itu dimasinisi oleh Triono dan asisten masinis Engga Arif, keduanya warga Kertapati, Palembang. Untungnya tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun jalur lalulintas kereta api menuju Tambang Batubara PT BA Tanjung Enim mengalami lumpuh total. Selain itu, badan jalan perlintasan tertutup oleh dua gerbong tersebut, hingga tak bisa dilalui masyarakat, baik yang mengendarai roda dua maupun roda empat.

 

Karenanya, warga terpaksa melalui jalur alternatif, yakni perlintasan kereta didekat SMUN 1 Unggulan Muara Enim dan Jalan Pelawaran. Sedangkan, arus lalulintas kereta penumpang Tujuan Palembang-Lubuklinggai maupun sebaliknya, tetap berjalan normal. Dua gerbong kereta sarat muatan batubara yang terguling itu, merupakan gerbong nomor 605 dan 574. 

Selain kedua gerbong itu, ada juga gerbong 522 yang didepan keduanya, juga sempat keluar dari rel dan anjlok dengan jarak sekitar 200 meter. Dengan terbaliknya dua gerbong itu, membuat muatannya berupa batubara didalamnya tertumpah diatas rel. bahkan, kejadian itu sempat menjadi tontonan masyarakat. Informasinya, siang itu, kereta yang menarik 24 rangkaian gerbong sarat muatan batubara ini, datang dari arah Tanjung Enim menuju Stasiun Kertapati, Palembang.

MUARA ENIM- Dua gerbong Kereta Api (KA) Batubara Rangkaian Panjang (Babaranjang), keluar dari rel hingga terguling. Gerbong yang sarat muatan batubara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News