Golkar Minta Jatah Ketua Timwas Century

Ingin Permanen, Ditolak Demokrat

Golkar Minta Jatah Ketua Timwas Century
Golkar Minta Jatah Ketua Timwas Century
JAKARTA - Golkar melakukan manuver untuk bisa "menguasai" tim pengawas (timwas) kasus Century yang kini dalam proses hukum. Partai berlambang beringin itu meminta ketua timwas dijabat secara permanen oleh salah seorang pimpinan DPR. Mereka terang-terangan meminta kursi itu diberikan kepada Priyo Budi Santoso, kader Golkar yang menjadi wakil ketua DPR.

Alasan yang dibawa Golkar agar bisa menguasai kursi itu adalah tidak fokusnya pimpinan timwas Century dengan sistem sekarang yang dijabat secara bergilir oleh lima pimpinan dewan. Nah, mereka ingin Priyo memegang jabatan itu secara tetap, tanpa perlu berbagi dengan pimpinan DPR lain, yakni Marzuki Alie (Demokrat), Pramono Anung (PDIP), Anis Matta (PKS), dan Taufik Kurniawan (PAN). "Biar konsentrasi menyelesaikan semua rekomendasi pansus angket Century yang sudah disahkan paripurna DPR," kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Setya Novanto di Jakarta kemarin (20/12).

Menurut Setya, pimpinan yang selalu berganti membuat kerja timwas kurang berjalan lancar. "Bahkan, pihak pemerintah kadang bingung dengan kepemimpinan yang berganti-ganti, kadang-kadang tidak sistematis, dan tidak nyambung itu," kritiknya.

Adapun alasan menyodorkan Priyo sebagai ketua timwas karena Priyo saat ini menjabat wakil ketua DPR yang memimpin bidang politik dan keamanan. Alasannya, fokus pengawas timwas memang pada aspek penegakan hukum yang meliputi kepolisian, kejaksaan, dan KPK.

JAKARTA - Golkar melakukan manuver untuk bisa "menguasai" tim pengawas (timwas) kasus Century yang kini dalam proses hukum. Partai berlambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News