Golkar Usul Setgab Parpol Diterapkan di Daerah

Golkar Usul Setgab Parpol Diterapkan di Daerah
Golkar Usul Setgab Parpol Diterapkan di Daerah
JAKARTA - Sekretariat Gabungan (Setgab) partai politik yang diterapkan di tingkat pusat sudah selayaknya diperluas hingga tingkat daerah. Ketua DPP Partai Golkar, Sharif Cicip Sutardjo, menyatakan, karena Setgab efektif dalam menjaga stabilitas politik di tingkat pusat maka tidak ada salahnya jika konsep itu diterapkan juga di daerah di seluruh Indonesia.

“Setgab ini adalah role model (contoh). Karena efektif di tingkat pusat, maka kami usul setiap daerah bisa menerapkannya. Tujuannya, agar situasi politik di daerah terjaga sehingga energi yang ada dapat digunakan bagi kepentingan pembangunan daerah,” kata Cicip Sutardjo di Jakarta, Minggu (7/11).

Lebih lanjut Cicip mengatakan, dengan pembentukan Setgab Parpol di daerah maka banyak hal bisa dilakukan. Cicip meyakini, selain dapat mendongkrak efektifitas kinerja Pemda, Setgab Parpol di daerah juga akan meningkatkan efektifiras DPRD dalam mengawasi para Pemda.

Menurut Cicip, berbagai perbedaan pendapat yang tersisa baik akibat Pemilu Legislatif ataupun Pemilu Kepala Daerahm (Pemilikada), bisa dibicarakan di Setgab yang dibentuk di daerah. "Jadi tidak ada salahnya setgab dibentuk di daerah agar gubernur, bupati atau walikota tenang melaksanakan pembangunan di daerahnya. Bagaimanapun Setgab itu kan efektif menjembatani eksekutif dan legislatif," lanjutnya.

JAKARTA - Sekretariat Gabungan (Setgab) partai politik yang diterapkan di tingkat pusat sudah selayaknya diperluas hingga tingkat daerah. Ketua DPP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News