Google Hengkang ke Hongkong

Google Hengkang ke Hongkong
Foto: Getty Images.
BEIJING - Raksasa internet Google tak mampu lagi menahan kemarahannya terhadap pemerintah Tiongkok. Kebijakan sensor dan maraknya aksi peretas di Tiongkok membuat perusahaan mesin pencari nomor wahid di dunia tersebut menutup operasionalnya di negara komunis itu dan memindahkannya ke Hongkong Senin malam (22/3).

Keputusan serius tersebut diambil setelah dua bulan tidak ada kata sepakat. Google yakin, dengan hengkang ke Hongkong, pihaknya bisa meningkatkan jumlah pengguna loyal. Keputusan itu menggambarkan adanya tantangan tersendiri bagi perusahaan Barat yang akan berbisnis di Tiongkok di tengah era keterbukaan dan optimisme bahwa internet mampu mengubah kehidupan di sebuah negara.

"Kami yakin, pendekatan baru dengan menyediakan mesin pencari data tanpa sensor dan penyederhanaan versi Tiongkok, dari google.com.hk akan menjadi solusi atas tantangan yang kami hadapi selama ini," ujar Legal Officer Google David Drummond. Dia berharap, pemerintah Tiongkok menghargai keputusan tersebut. Meskipun, pihaknya masih diliputi kekhawatiran adanya pemblokiran lagi oleh pemerintah.

Google yakin, strategi barunya itu merupakan cara legal untuk menghindari kebijakan sensor dan gangguan para peretas. Dengan demikian, mereka dapat melanjutkan riset, pengembangan, dan bisnis iklan online di Tiongkok dengan pengguna internet terbesar di dunia yang mencapai 400 juta orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News