Gubernur Diminta Fokus Keamanan

Gubernur Diminta Fokus Keamanan
Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Mendagri Gamawan Fauzi, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang. Foto for Agus Srimudin/JPNN
MAKASSAR - Pertemuan gubernur se-Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan membuahkan tiga rekomendasi. Terpenting soal keamanan dan ketenteraman masyarakat. Selain itu, semua kepala daerah diminta berperan dalam mengatasi global warming (climate change) dan menjalankan sembilan instruksi Presiden hasil pertemuan Bogor.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta hasil pertemuan para gubernur yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu benar-benar membawa dampak positif bagi pembangunan dan keamanan di seluruh penjuru tanah air.

"Kita berharap apa yang sudah dirumuskan dan direkomendasikan bisa berjalan sesuai dengan visi dan misi forum ini. Tiga poin yang direkomendasi, yaitu daerah meningkatkan keamanan dan ketenteraman, mengatasi global warming, dan menjalankan sembilan instruksi presiden dalam pertemuan gubernur di Bogor," kata Gamawan, usai menutup forum itu, Rabu (20/10).

Sembilan instruksi presiden yang harus ditindaklanjuti itu, antara lain peningkatan produksi pangan nasional, pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengembangan usaha mikro, peningkatan kesejahteraan masyarakat, perlindungan kepada seluruh agama dan suku dalam keberagaman, serta peningkatkan penggunaan teknologi informasi.

MAKASSAR - Pertemuan gubernur se-Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan membuahkan tiga rekomendasi. Terpenting soal keamanan dan ketenteraman masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News