Gubernur Genjot Program Sadar Wisata

Gubernur Genjot Program Sadar Wisata
Gubernur Sumut Syamsul Arifin bersama Menbudpar Jero Wacik di acara Sumut Expo 2009 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (29/10). (Foto: sam/JPNN)
JAKARTA - Untuk ketiga kalinya, Sumut Expo digelar di Jakarta. Untuk Sumut Expo 2009 ini, digelar di gedung Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Pembukaan acara, Kamis (29/10), dihadiri Menteri Pariwisata Jero Wacik, Gubsu Syamsul Arifin, dan sejumlah bupati/walikota yang ada di Sumut.

Jero Wacik sempat meninjau sejumlah stand dan makan siang bersama Syamsul di stand milik Pemko Medan. Di sela-sela Sumut Expo 2009 bertema 'Tourisme, Trade, and Investment of Nort Sumatera' itu, Syamsul menggelar keterangan pers.

Dikatakan, potensi pariwisata di wilayah Sumut sebenarnya tidak kalah dengan yang ada di negara-negara lain di kawasan Asia. Begitu pun, tak kalah menarik dibanding Bali. Hanya saja diakui, potensi wisata di Sumut belum bisa digarap dengan baik karena masyarakat Sumut belum memiliki kesadaran wisata yang baik. "Wisata Bali bisa maju karena manusianya sadar wisata," ungkapnya.

Karenanya, Syamsul berjanji pihaknya di masa-masa mendatang akan memprioritaskan program sadar wisata di kalangan masyarakat Sumut. Ditanya bagaimana cara paling efektif menumbuhkan budaya sadar wisata, dia mengatakan, pihaknya akan menggandeng tokoh agama, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pemuda, dan elemen-elemen masyarakat strategis lainnya untuk menjalankan program ini.

JAKARTA - Untuk ketiga kalinya, Sumut Expo digelar di Jakarta. Untuk Sumut Expo 2009 ini, digelar di gedung Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News