Gubernur Jatim : Deteksi Dini Keberadaan Teroris

Gubernur Jatim : Deteksi Dini Keberadaan Teroris
Gubernur Jawa Timur Soekarwo (tengah) optimistis Jatim aman, sehingga berpengaruh positif pada minat investasi. FOTO : JPNN

jpnn.com - Masyarakat Jatim harus lebih waspada dan peduli terhadap perubahan lingkungan sekitar. Hal tersebut diutarakan Gubernur Jawa Timur Soekarwo menanggapi aksi terorisme yang terjadi lagi di Jatim. Menurutnya, kewaspadaan bisa dimulai saat melihat sesuatu hal yang tidak wajar, biasanya  sesuatu yang bersifat baru di sekitar lingkungan. Sebagai contoh waspada terhadap tetangga yang berperilaku aneh.

Apabila menemukan hal seperti itu, sebagai bentuk deteksi dini di masyarakat dianjurkan untuk melaporkan kepada RT/RW maupun tiga pilar agar segera dilakukan tindak lanjut. Hal semacam ini, merupakan salah satu wujud meningkatkan kewaspadaan.

“Sebagai contoh apa yang telah dilakukan masyarakat Bangil yang mendeteksi dini salah satu warganya menjadi terduga teroris. Cara tersebut, sudah berhasil dan bisa diterapkan di tempat lain,” ungkap Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim.

Gubernur Jatim menjelaskan, deteksi dini bisa terjadi apabila tercipta kerukunan dan kerjasama dari masyarakat dan aparat keamanan.  Masyarakat dihimbau agar tidak resah, karena perlindungan lingkungan akan terorisme dibawah kendali Polda Jatim yang dibantu oleh Kodam V Brawijaya.

”Terima kasih kepada TNI dan Polri yang senantiasa bekerja keras dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan gerak cepat atas segala permasalahan gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya terkait terorisme,”jelasnya.

Senada dengan Pakde, Kapolda Jatim, Machfud Arifin menghimbau agar waspada terhadap orang baru yang tinggal di lingkungan sekitar. Apabila ada perilaku mereka aneh misalnya orang jarang berbaur dengan tetangga, menerima tamu saat malam, dan berperilaku aneh, untuk segera melaporkan kepada Babinsa maupun  Babinkamtibmas. (JPNN/pda)       


Berita Selanjutnya:
Mal pun Ikut Demam Bola

deteksi dini bisa terjadi apabila tercipta kerukunan dan kerjasama dari masyarakat dan aparat keamanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News