Guiness World Book Tolak Bugatti Chiron Sebagai Mobil Tercepat di Dunia

Guiness World Book Tolak Bugatti Chiron Sebagai Mobil Tercepat di Dunia
Bugatti Chiron dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia. Foto: Motor1

jpnn.com, JAKARTA - Meski Bugatti Chiron telah dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia, namun Guiness World Book menolak memasukkan rekor kecepatan supercar asal Prancis itu.

Dilansir dari Motor1, Senin (9/8), penolakan tersebut terkait trek yang dilalui Bugatti Chiron. Guinness Book of Record mengatakan, rekor kecepatan akan diterima jika mobil melaju dua kali di trek yang sama dan dari arah berbeda kurang dari satu jam.

Guieness akan mencatat tertinggi dengan mengambil laju kendaraan rata-rata. Namun, Chiron hanya melaku di satu arah.

Bugati mengatakan mereka tak mengendari Chiron dua kali ke arah berlawanan karena alasan keselamatan. Jika itu dipaksakan, ban Chiron bisa overheating lantaran permukaan jalan yang tidak cukup mulus.

BACA JUGA: Bugatti Chiron Sukses Mengembalikan Tuahnya Sebagai Mobil Tercepat di Dunia

Atas dasar itu, membuat Koenigsegg Agera RS masih tercatat sebagai mobil tercepat di Guinness World Record. Koenigsegg Agera RS mencatatkan diri sebagai mobil terkencang pada 2017 dengan kecepatan 447 km/jam.

Sejatinya, kecepatan Koenigsegg Agera RS juga dipertanyakan karena lokasi tes sangat mempengaruhi kecepatan kendaraan. Misalnya, Koenigsegg Agera RS mencapai 447 km/jam di Nevada tapi berbeda jika di tempat lain.

Lokasi tes di Nevada sendiri punya spesifikasi tempat dengan posisi yang lebih tinggi, yang mana udara lebih tipis, sehingga menghasilkan lebih sedikit resistansi.(mg9/jpnn)


Meski Bugatti Chiron telah dinobatkan sebagai mobil tercepat di dunia, namun Guiness World Book menolak memasukkan rekor kecepatan supercar asal Prancis itu.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News