Gunakan Kerikil, Dahlan Jelaskan Impor Listrik dari Malaysia

Gunakan Kerikil, Dahlan Jelaskan Impor Listrik dari Malaysia
Menteri BUMN Dahlan Iskan saat menjelaskan pada awak media di Kementerian Perekonomian, Jakarta soal keadaan pasokan impor listrik dari Malaysia ke Kalimantan, Selasa (12/11). FOTO : Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Puluhan awak media yang meliput di Gedung Kementerian Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (12/11) dikejutkan dengan aksi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Bagaimana tidak, di tengah wawancara, Dahlan tiba-tiba saja pergi meninggalkan wartawan yang sedang melontarkan pertanyaan. Kepergian Dahlan itu ternyata untuk mencari batu kecil yang letaknya tak jauh dari Gedung Kemenko Perekonomian.

Kejadian ini berawal ketika salah seorang wartawan menanyakan soal pasokan impor listrik yang didatangkan dari Malaysia untuk menerangi wilayah Kalimantan dan Sumatera, akibat kekurangan pasokan.

Menurutnya, impor listrik dari Malaysia merupakan isu lama. Impor listrik dilakukan karena sumber listrik Serawak, Malaysia masih berlebih dan bisa dialirkan ke Kalimantan. Nah untuk menjelaskan keadaan itu, bekas Dirut PLN ini menggunakan kerikil untuk menjelaskan pada awak media melalui gambar coretan dengan kerikil di ruas jalan.

"Di Serawak itu ada sumber listrik yang berlebih. Enggak apa-apa kita impor dulu sambil membangun jaringan ke sana. Ini Serawak dan Kalimantan adanya di sebelah sini, karena cukup dekat ya dialihkan listriknya," papar Dahlan sembari mengambarkan situasi wilayah di Serawak dan Malaysia dengan menggunakan kerikil kecil.

Di samping itu, menurut hematnya, impor listrik dari Malaysia merupakan cara yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat perbatasan.

"Kenapa sekarang kita impor dari Malaysia? itu karena lebih cepat dan itu sudah ada," terang dia.

Mendengar penjelasan itu, para awak media makin antusias melontarkan pertanyaan lainnya. Bahkan orang-orang di sekitar yang melihat kejadian itu tampak geleng-geleng dengan aksi yang dilakukan pria asal Magetan itu.

JAKARTA - Puluhan awak media yang meliput di Gedung Kementerian Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (12/11) dikejutkan dengan aksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News