Gus Jazil Canangkan Quranic Center di Ponpes Modern Sunanul Muhtadin Gresik

Gus Jazil Canangkan Quranic Center di Ponpes Modern Sunanul Muhtadin Gresik
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mencanangkan Pusat Pembinaan Alqur’an ”Quranic Center” Jamiyah Madrasah Al-qur’an (JMG) Jawa Timur di Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin, Sidayu, Gresik, Jawa Timur. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, GRESIK - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mencanangkan Pusat Pembinaan Alqur’an ”Quranic Center” Jamiyah Madrasah Al-qur’an (JMG) Jawa Timur di Pondok Pesantren Modern Sunanul Muhtadin, Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid–mengatakan, sebelum Ramadan, digelar pertemuan dengan para senior JMQ Jawa Timur.

Dari pertemuan tersebut, salah satu poin penting yang disepakati adalah menggagas wadah atau himpunan Pusat Pembinaan Al-Qur’an.

”Pembinanya para senior JMQ. Kita akan bina para juara MTQ Jatim dari sini untuk menjadi juara di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Gus Jazil di sela-sela pencanangan Pusat Pembinaan Al-Qur’an ”Quranic Center” JMQ Jatim, Sabtu (7/5/2022).

Pusat Pembinaan Al-qur’an ini akan menjalin kerja sama dengan para alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) dan Institut Ilmu ALquran (IIQ) Jakarta yang ada di Jatim. Lembaga ini akan dipimpin oleh KH Khoirul Manan SQ, juara tahfidz quran 20 juz tingkat nasional yang sebelumnya selama 21 tahun mengajar di Pusat Al-qur’an Kerajaan Brunei Darussalam.

”Kurikulum, pola pengembangan dan sebagainya akan kami konsultasikan dengan ahlinya, para pakar, utamanya yang ada di JMQ dan Jam'iyah Qurra Wal Huffazh. Semua para ahli al-qur’an mulai dari tilawah, tahfidz, tafsir, sampai seni kaligrafi,” tutur Gus Jazil yang juga Ketua JMQ Jawa Timur dan Ketua Ikatan Alumni PTIQ Jakarta.

Pencanangan Quranic Center tersebut dihadiri para alumni JMQ lintas generasi dan juga Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah.

Dalam poin deklarasi, disebutkan bahwa Al-Qur’an sebagai wahyu sekaligus mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, memiliki kedudukan yang penting dalam kehidupan manusia sebagai sumber ajaran Islam sehingga keberadaannya harus dijaga.

Gus Jazil canangkan Pusat Pembinaan Alqur’an-Quranic Center Jamiyah Madrasah Al-qur’an (JMG) Jatim di Ponpes Modern Sunanul Muhtadin, Sidayu, Gresik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News