Gus Menteri Minta Kades Bentuk Tim Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa

Gus Menteri Minta Kades Bentuk Tim Relawan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs Desa
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri meminta kepala desa (kades) segera membentuk tim relawan pemutakhiran data desa yang berbasis SDGs Desa. Foto: Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar alias Gus Menteri meminta kepala desa (kades) segera membentuk tim relawan pemutakhiran data desa yang berbasis SDGs Desa.

Menurut Gus Menteri, pemutakhiran yang dimaksud ialah soal data desa yang memuat kondisi terkini perihal status warga, seperti jumlah kemiskinan, kelaparan, kesehatan, dan sebagainya, dilengkapi nama dan alamat.

“Nanti akan ada juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknisnya (petunjuk teknis), segera akan turun,” katanya saat melakukan sapa desa dengan kades se-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) secara virtual, Selasa (2/2).

Gus Menteri mengatakan metode yang digunakan dalam pemutakhiran data desa berbasis SDGs Desa itu sama seperti saat mendata calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa.

Tim relawan akan melakukan pendataan berbasis RT dan RW. Sebelumnya dilakukan relawan desa lawan Covid-19. Sekarang dilakukan oleh relawan desa pemutakhiran data desa.

Gus Menteri meminta desa-desa untuk segera melaksanakan pendataan.

Adapun untuk operasionalisasi kegiatan ini bisa didanai melalui dana desa, sebagaimana sebelumnya ketika melakukan pendataan BLT dana desa.

“Ini sangat-sangat penting untuk kepentingan desa itu sendiri," tegasnya.

Ia menegaskan siapa pun pemimpinnya, maka perencanaan akan tepat sasaran bila didasari data yang valid, akurat, dan benar.

"Karena bapak ibu kepala desa, kalau kita, siapa pun dia sebagai pemimpin akan memiliki perencanaan yang bagus, akan memiliki perencanaan yang akan tepat sasaran kalau perencanaan itu didasarkan pada data yang valid dan akurat dan data yang dimiliki data yang benar,” jelasnya.

Ia menegaskan, desa mempunyai peluang dan potensi untuk mendata secara benar.

Gus Menteri berjanji akan mengirimkan aplikasi dan pendampingan untuk kepala desa yang membentuk tim relawan guna melakukan pemutakhiran dana berbasis SDGs Desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News