Ha ha ha..Ada Booth Paspor Kedutaan Besar Bekasi di Popcon Asia

Ha ha ha..Ada Booth Paspor Kedutaan Besar Bekasi di Popcon Asia
Anggota Kedubes Bekasi Muhammad Khalid di Popcon Asia 2017 (YESIKA DINTA/JAWAPOS.COM)

jpnn.com - Industri kreatif di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Karya-karya anak muda semakin banyak bermunculan baik yang melalui label atau penerbit maupun rumah produksi sendiri. Seperti yang ada di Popcon Asia 2017. Dari olok-olok, menjadi produk kreatif.

Di Bekasi, ada sebuah komunitas unik yang hadir untuk menampung aspirasi seni dan kreatif anak muda. Komunitas itu awalnya lahir karena maraknya olok-olok yang diarahkan ke Bekasi.

Olok-olokan tersebut dipicu oleh iklan salah satu provider di televisi, kemudian diramaikan di media sosial dalam bentuk meme (gambar atau komik yang disebar melalui internet).

Intinya, menggambarkan bahwa saking jauhnya Bekasi dari Jakarta, seperti berada di luar negeri, bahkan tidak satu planet dengan bumi.

Mereka lantas membentuk wadah yang bernama Kedutaan Besar Bekasi (Kedubes Bekasi). Isinya, para pelaku industri kreatif muda Bekasi.

Mulai dari komikus, ilustrator, penulis, designer, merchandiser. Ide tersebut tercetus pada 2015 lalu dan terus dikembangkan hingga sekarang.

"Ingin merespon meme yang beberapa lama beredar di internet mengenai Bekasi. Kan dulu Bekasi sering disebut beda planet, beda negara, jauh banget, jadi sekalian aja tanda balesannya ini. Kita sebut Kedubes," ujar anggota Kedubes Bekasi, Muhammad Khalid yang ditemui JawaPos.com di Popcon Asia 2017.

Produk kreatif utama yang dihasilkan adalah: Paspor Bekasi. Paspor tersebut menjadi oleh-oleh sebagai tanda pernah mengunjungi Bekasi yang disindir berbeda negara itu. Khalid menyebutkan, beberapa produk Kedubes Bekasi memang jadi merchandise unik khas kota Patriot itu.

Industri kreatif di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Karya-karya anak muda semakin banyak bermunculan baik yang melalui label atau penerbit

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News